trimakasih atas email saudara.....
saudara slametyang budiman, anda telah panjang lebar menulis email untuk saya menyambung jawaban saya dalam situs IDI, tai sayang sekali apa yang anda paparkan jauh sekali dari yang saya inginkan.

saudara slamet, mari kita mengkaji lagi akan tanggapan saya dalam situs IDI, yang bunyi intinya adalah:
*** MARIA tidak menyembah YESUS anaknya sendiri.
lalu anda menyodorkan saya akan beberapa ayat injil:
- “Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” (Injil, Rasul Lukas 1:43) Masak Maria tidak mengerti kalau Isa Al-Masih itu TUHAN?

ok...saya akan tanggapai ayat yang anda sodorkan tersebut, tetapi saran saya coba anda cermati dengan teliti uraian saya dibawah ini, kira2 keterangan siapa yang lebih bisa diterima logika, saya atau anda!!!

saudara slamet...dlm ayat diatas memang ada kata "Ibu Tuhanku"...., yang artinya adalah maria itu IBU Tuhan. sekarang kita simak ayat tersebut dengan ayat berikut:
lukas
1:36: "Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu."

dalam ayat diatas, disebutkan bahwa saat itu elisabet dan maria sama2 dalam posisi mengandung.

keterangan:
1.
Apakah kehamilan Maria dari Roh Kudus adalah hal yang diketahui oleh masyarakat luas jaman itu? Tentu saja jawabannya tidak, pastilah Maria merahasiakan pertemuannya dengan malaikat. Yusuf saja awalnya tidak mengetahui bagaimana Maria bisa hamil, sampai malaikat Tuhan yang memberitahukan kepadanya lewat mimpi. Lagi pula jika Maria menceritakan bahwa ia hamil dari Roh Kudus, tentulah ia akan dianggap menghujat Tuhan.
DARIMANA ELISABETH TAHU KALAU MARIA SEDANG HAMIL???
2. JIKA Elisabeth mengetahui yang dikandung Maria adalah TUHAN dia mengetahui darimana??? dan apakah Elisabet menyembah YESUS ketika YESUS masih dikandungan dan setelah LAHIR?? walaupun msh dikandungan bukankah tetap saja dinamakan Tuhan yang wajib disembah???
3. lebih dari itu....inilah pokok permasalahan dari bahasan ini yang harus anda jawab,  saat yesus dikandungan maria apakah maria juga menyembah yesus???


saudara slamet yang saya hormati,....
anda juga menyantumkan ayat berikut:

Kalau Isa Al-Masih bukan Tuhan tentunya Maria melarang orang Majus itu menyembah Isa Al-Masih. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.” (Injil, Rasul Lukas 2:11)

tanggapan:
1. sebelumnya saya ingatkan kepada anda terlebih dahulu jika ayat diatas bukan dari Lukas 2:11, melainkan dari matius 2:11, jadi disini anda salah dalam menyebutkan injil anda.
2. ayat ini menurut kaum kristen sendiri mempunyai penafsiran yang berbeda2, ada yang mengatakan 3 orang majusi dari persia dan ada juga yang menafsirkan 3 raja bahkan ada juga yang menafsirkan semua raja2 karena jumlah 3 orang tidak bisa diterima diayat ini. tetapi saya tidak akan mempersoalkan penafsiran ayat diatas dlam lingkup tersebut.
saudara slamet....
marilah disini kita bicara dengan fakta dan logika, bukankah orang Majus yang dirujuk penulis Matius adalah para penganut Zoroasterianisme?
sedangkan ajaran Zarathustra mengajarkan monoteisme dengan Ahura Mazda sebagai satu-satunya dewa yang harus disembah namun keberadaan dewa-dewa lain pun tetap diakui. Dewa-dewa yang turut diakui keberadaanya ada lima yaitu:
  1. Asha Vahista, dewa tata tertib dan kebenaran yang berkuasa atas api
  2. Vohu Manah, dewa yang digambarkan sebagai sapi jantan ini dikenal sebagai dewa hati nurani yang baik
  3. Keshatra Vairya, yaitu dewa yang berkuasa atas segala logam
  4. Spenta Armaity, yaitu dewa yang berkuasa atas bumi dan tanah
  5. Haurvatat dan Amertat, yaitu dewa-dewa yang berkuasa atas air dan tumbuh-tumbuhan
sedangkan
Kitab suci orang-orang penganut Zoroaster adalah kumpulan tulisan-tulisan sakral yang dikenal dengan Avesta yang terbagi menjadi empat bagian. Keempat bagian itu terdiri atas:
  1. Kitab Yasna yaitu kumpulan doa-doa dan aturan-aturan ibadah. Kitab Yasna juga mencakup Ghata yakni kumpulan puji-pujian yang dipercayai sebagai hasil tulisan dari Zoroaster. Ghata terdiri dari 17 puji-pujian yang dibuat dalam bentuk puisi yang sulit diterjemahkan dan hanya bisa dimengerti oleh orang-orang tertentu.Puisi ini menceritakan tentang perjumpaan Zoroaster dengan Tuhan dalam suatu penglihatan.
  2. Kitab Visparat berisi puji-pujian penuh hormat serta permohonan kepada Tuhan.
  3. Kitab Vivevdat (Vendidad) yaitu tulisan-tulisan yang berkaitan dengan ritual pemurnian.
  4. Kitab Khode Avesta, yaitu buku kumpulan doa sehari-hari yang di dalamnya juga mencakup Yashts, kumpulan puji-pujian dan puisi tentang kepahlawanan.
FAKTA-FAKTA
1.fakta yang ada adalah dari sekian kitab suci orang majusi tidak ditemukan tentang ketuhanan yesus.
pertanyaannya adalah jika dari sumber kayakinan orang majusi tidak berbicara tentang ketuhanan yesus.
2. jika orang majusi saat itu menyembah dewa2 maka setelah pertemuan tersebut apakah orang2 majusi tersebut mengajak umat majusi yang lain untuk menyembah yesus?
3. Zoroastrianisme tidak menekankan pentingnya konversi. Mereka berusaha mempertahankan agamanya sebagai agama yang khas dalam komunitas mereka. Akan tetapi, mereka tetap membuka peluang bagi siapa saja yang hendak menjadi penganut Zoroastrianisme. Sepanjang abad 20, banyak orang-orang penganut Zoroastrianisme yang menetap di Iran dan India melakukan migrasi ke negara-negara lain. Kini, komunitas Zoroastrianisme dapat ditemukan di kota-kota besar seperti London,New York,Chicago,Boston dan Los Angeles dan telah hidup berbaur dengan komunitas-komunitas beragama lain. dan mereka tetap meyembah tuhannya tidak menyembah yesus.
4. Faktanya adalah dari ayat yang anda sampaikan diatas tidak saya temukan maria yang menyembah yesus.

saudara slamet yang budiman...dari awal saya mengatakan jika jawaban anda tidak dapat memuaskan saya, karena saya menanyakan apakah ada bukti dari injil anda jika maria itu menyembah yesus. dan ayat2 injil yang anda sodorkan kepada saya isinya tak satupun ada yang menerangkan bahwa maria menyembah yesus, karena objek utamanya adalah MARIA. jika anda tidak keberatan coba anda tunjukkan kepada saya ayat injil yang menerangkan bahwa maria menyembah dan bersujud dihadapan yesus.

sekian dari saya, semoga anda lebih bisa berfikir realistis dan seobjektif mungkin sehingga disini saya tidak mengatakan lagi dengan keyakinan yang membabi buta. trimakasih.
--- Pada Sel, 11/12/12, Slamet <Slamet@idionline.info> menulis:

Dari: Slamet <Slamet@idionline.info>
Judul: Untuk Saudara Cak Gimin - Menanggapi "Apakah Maria menyembah Isa Al-Masih?"
Kepada: "yudiantogimin@yahoo.com" <yudiantogimin@yahoo.com>
Tanggal: Selasa, 11 Desember, 2012, 12:11 PM

A5
Saudara Cak Gimin,
Kami berterima kasih atas comment Saudara.  Namun pada kesempatan ini ijinkanlah kami menanggapi comment saudara melalui email tentang "Apakah Maria  menyembah Isa Al-Masih?"

Saudara Cak Gimin, Alkitab tidak pernah mencatat Isa Al-Masih secara persis mengucapkan kalimat, “Saya adalah Allah.” Namun ini tidak berarti bahwa Dia tidak memproklamirkan bahwa Dia adalah Allah dan menolak penyembahan dari manusia.
Dalam Wahyu, malaikat menginstruksikan Rasul Yohanes untuk hanya menyembah kepada Allah (Injil, Surat Wahyu 19:10). Beberapa kali dalam Alkitab, Isa Al-Masih menerima penyembahan. Dia tidak pernah menegur orang-orang yang menyembah Dia. Kalau Isa Al-Masih bukan Allah, Dia pasti akan melarang orang-orang menyembah Dia, sama seperti malaikat dalam kitab Wahyu.
Bagaimana dengan Maria?
Isal-Masih itu adalah Anak Allah, Raja Yahudi dan imanuel. Imanuel artinya adalah ALLAH menyertai kita. Setidaknya yang bisa mereka pikirkan adalah Seorang perwakilan ALLAH di dunia atau RAJA Yahudi. Sebagai RAJA, sudah pasti akan menerima penyembahan dari rakyatnya.
Elisabet, saudara Maria ibunda Yohanes Pembaptis mengatakan: “Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” (Injil, Rasul Lukas 1:43). Elisabet menyebut keponakannya sebagai ibu TUHANku. Masak Maria tidak mengerti kalau Isa Al-Masih itu TUHAN?
Kalau Isa Al-Masih bukan Tuhan tentunya Maria melarang orang Majus itu menyembah Isa Al-Masih. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.” (Injil, Rasul Lukas 2:11)
Saudara Cak Gimin semoga bermanfaat bagi saudara, jika berkenan ingin mengenal Isa Al-Masih,
kami persilakan saudara membaca artikel pada link ini: Siapakah Allah itu?

Kiranya dengan mempelajari dan merenungkan isi dari artikel ini, Saudara akan mendapat berkah dari Allah.

Wassalam,
Slamet


From: Dialog Agama - Isa dan Al-Quran [masukan@idionline.info]
Sent: Monday, December 10, 2012 7:47 AM
To: Slamet
Subject: Comment has been added: Mengapa Maryam "Di Atas Segala Wanita Di Dunia?"

Discuss: Mengapa Maryam "Di Atas Segala Wanita Di Dunia?"

#  cak gimin ( yudiantogimin@yahoo.com, IP: 118.97.95.225 ) — 2012-12-10 21:47
ya...Maryam adalah manusia pilihan ALLAH, walau dia melahirkan ISA-ALMASIH tetapi dia tetap meyembah ALLAH dan tidak menyembah Isa-Almasih yang nota bene adalah anaknya sendiri.
inilah hal penting yang harus diketahui, sekali lagi MARYAM tidak menyembah ISA-ALMASIH, tetapi menyembah ALLAH SWT.